Minggu, 30 Oktober 2011

colour packaging #2

Akhirnya tiba giliran kelompok saya berpresentasi. Kelompok saya terdiri dari 4 orang yaitu saya, kezia, belin, dan irene. Dari hasil kerja kami, saya mengerti sedikit tentang psikologi warna, singkatnya antara lain:
  • Merah: lambang dari semangat.
  • Kuning: lambang keceriaan dan energi.
  • Hijau: lambang kesegaran dan kesejukkan.
  • Biru: lambang dari kesetiaan.
  • Orange: mirip seperti kuning yaitu energi.
  • dan masih banyak lagi.
  • Semuanya kami dapatkan dari hasil pencarian di web2 google, dan sumber utama kami adalah dari blog kompas.
Kelompok kami kerja berdua-dua, saya dengan kezia dan irene dengan belin. Berikut hasil yang saya buat bersama kezia:
Hasil yang paling kami suka adalah pisto listo
 
Jika dilihat dari gaya designnya, kami menganalisa bahwa minuman ini adalah minuman bersoda, dan jika diteliti dengan saksama kita bisa melihat bahwa ada gambar menyerupai  pucuk daun nanas dan bulatan dibelakang merk minuman tersebut menyerupai buah lemon/jeruk. Oleh karena pertimbangan hal tersebut ,kami memilih warna-warna yang ditampilakan pada kaleng adalah:
Merah: warna merah melambangkan semangat dan gairah. Sehingga harapan kami setelah meminum produk ini, konsumen dapat meningkatkan semangatnya (terutama karena minuman ini adalah minuman bersoda) selain itu, menurut penelitian warna merah dapat meningkatkan detak jantung dan membuat kita bernapas lebih cepat. Hal ini selaras dengan produk kami yang merupakan minuman bersoda yang dapat meningkatkan adrenalin.
Kuning: Kuning melambangkan keceriaan dan juga energi. Warna kuning juga mendorong munculnya ekspresi diri. Sehingga arti warna kuning ini dapat selaras dengan warna merah. Keduanya memiliki kesan semangat. Sama seperti produk minuman soda kami ini yang dapat memacu menimbulkan semangat.
Hijau: Hijau yang kami gunakan disini adalah untuk mendukung kesan dari nanas dan jeruk/lemon di kaleng produk minuman kami. Nana identik dengan warna orange dan hu=ijau, sementara jeruk/lemon identik dengan warna kuning atau orange. Selain itu, hijau merupakan warna yang memberi kesejukan dan kesegaran. Oleh karena itu, kami ingin memberitahu konsumen bahwa melalui minuman ini, anda akan mendapat kesegaran dan kesejukan dari sensasi soda dan rasa buahnya.
Orange: Warna orange kami gunakan untuk melambangkan warna dari jeruk dan nanas. 

Hasil-hasil lainnya:






Saat presentasi tadi saya merasa tidak puas karena ternyata kami hanya mempresentasikan 2 produk, Dan ternyata kami salah memilih produk untuk dipresentasikan karena menurut dosen kami, pak Santo pemilihan warna kami kurang menarik. Tapi yasudahlah, namanya juga proses belajar, tapi masukan dari Pak Santo harus kami terima dan kami simpan untuk kedepannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar