Colour theory class..
Hari ini di kelas colour theory, yang saya dapatkan adalah:
PENDAHULUAN
perkembangan sejarahnya:
- Pada tahun 1450 Johannes Gitenberg membuat informasi dan pengetahuan sapat diakses oleh publik dengan ditemukannya alat cetak (alat sablon)
- Mass production : tujuan ditemukannya adalah untuk dinikmati secara global. Jadi semua orang di dunia bisa menikmatinya.
- Berita dagang : tujuannya adalah untuk perdagangan, tapi disamping itu penemuan-penemuan baru, teroris, dsb juga dimuat disini.
- Banyak cetakan
- Awal mulanya black and white
- Warna
PEMAHAMAN DASAR
Ternyata, manusia dibekali dengan sensitivitas visual yang luar biasa, yaitu untuk menganalisa, apresiasi, dan pemahaman dunia modern. Graphic design membuat segalanya menjadi lebih berwarna dan indah. Tanpa pengaruh design dan warna, kehidupan sosial akan dipenuhi bayangan abu-abu. (saat dosen menjelaskan hal ini, saya mendapatkan suatu hal bahwa sebaiknya warna abu-abu dihindari untuk percetakan karna akan membuat kesan karya itu menjadi mati/suram)
PEMAHAMAN WARNA
Mengerti akan warna adalah kunci keberhasilan dalam graphic design, baik di dalam ataupun diluar dunia digital. Di dalam warna juga terdapat suatu power yang dapat membuat karya tersebut menjadi lebih menarik.
Di kelas ini saya juga mengerti bahwa ternyata, seorang designer harus belajar membuat keseimbangan dari variabel, pencampuran, dan perpaduan warna agar selaras dengan tujuan akhir karya tersebut diciptakan. selain itu, saya juga diajarkan bahwa moto seorang designer haruslah SATISFYING TO A CLIENT! jadi seorang designer haruslah mengutamakan kepuasan clientnya. caranya? kita harus mengenal siapa client kita (model bagaimana yang ia sukai, dsb) lalu kita jg harus pandai untuk mempertanggungjawabkan karya ciptakaan kita kepada client tersebut (mengapa kita memilih warna tersebut untuk karya itu, dsb) dan yang penting adalah warna yang dipilih haruslah solid/ bergradasi.
Sekian informasi yang dapat saya sampaikan pada kelas kali ini...=)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar